Saturday, September 1, 2018

Analisa Laporan Keuangan PT Pan Brothers Tbk - Sejarah



Sejarah PT Pan Brothers TBK

PT. Pan Brothers Tbk (PBRX) adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dengan produksi utamanya berupa pakaian. Produk utama buatan perusahaan ini adalah pakaian rajutan, pakaian tenun, dan jaket tenun. Dengan alasan memenuhi permintaan pasaran yang semakin besar membuat anak cabangnya dibeberapa daerah seperti Tangerang, Sukabumi, Boyolali, dan Sragen. Produk buatan perusahaan ini tidak hanya melayani konsumen dari pasaran dalam negeri saja, namun produk buatannya telah menembus pasar Internasional dengan mengekspor ke beberapa negara di Luar Negeri seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Australia, dan beberapa negara Lainnya. PT. Pan Brothers. Tbk merupakan perusahaan garment yang dulunya berorientasi pada pasar dalam negeri dan luar negeri. Tapi sekarang PT. Pan Brothers Tbk sudah berubah menjadi berorientasi 100% ekspor. Kini PT Pan Brothers Tbk merupakan pemasok untuk Calvin klein, New York & Co, Nautica, Liz Claiborne, Perry Ellis, Marks and Spencer, Aborcombie & Fitch, Lana Bryant, Nike, Adidas, reebok, The North Face, Champion, Bonfire, Salomon, Sprayway, Hugo Boss, Victoria Secrect, Wilson Sporting Goods, dan Lain-lain. Pangsa PT. Pan Brothers Tbk kini tersebar dari Mulai Amerika Serikat, Eropa Barat dan Timur, Kanada, Jepang, Australia, dan di berbagai negara di dunia. 

PT Pan Brothers Tbk didirikan pada tanggal 21 Agustus 1980 dan mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 14 September 1989. Kantor pusat dan pabrik Pan Brother Tbk (PBRX) berlokasi di Jl. Siliwangi No. 178 Alam Jaya, Jatiuwung Tangerang. Perkembangan perusahaan ini semakin bagus sehingga perusahaan ini berani untuk membuat penawaran sahamnya untuk pertama kalinya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada tahun 1990, PBRX memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham PBRX (IPO) kepada masyarakat sebanyak 3.800.000 lembar dengan nilai nominal Rp1.000,00 per saham dengan harga penawaran Rp8.700,00 per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 16 Agustus 1990. Sejak tercatat di BEI pada tanggal 16 Agustus 1990, perusahaan ini mengubah statusnya menjadi perusahaan terbuka. 

Pada Tahun 2011, PT. Pan Brothers Tbk membuka anak perusahaan yang berlabel PT Hollit International. Dengan terjalinnya kerjasama ini, diharapkan terbentuknya sebuah sinergi yang kuat sebagai sebuah kelompok perusahaan tekstil di Asia. Pada awal Tahun 2011, PT Pan Brothers Tbk telah berhasil membuka kantor cabangnya hingga ke Singapura, Hongkong, dan Taiwan. Di kantor cabang tersebut hanya melayani jual beli barang. Hingga saat ini, PT Pan Brothers Tbk telah mempekerjakan lebih dari 21.500 Orang karyawan. Dengan pencapaian bisnis yang diraihnya sampai sekarang ini telah mengantarkan PT. Pan Brothers Tbk menjadi salah satu perusahaan tekstil terbesar di Indonesia. 

Kini telah mempunyai Cabang di DK Dawangan, Purwosuman, Sragen, Jawa Tengah, dan DK Butuh RT/RW 001/002 Butuh, Boyolali, Jawa Tengah.

1 comment:

Analisa Laporan Keuangan PT Pan Brothers Tbk - Sejarah

Sejarah PT Pan Brothers TBK PT. Pan Brothers Tbk (PBRX) adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dengan produksi utamanya ber...