Friday, April 8, 2016

Time Value of Money (Nilai waktu dari uang)

Nilai Masa Depan (Future Value)

Merupakan nilai pada suatu waktu di masa datang dari sejumlah uang di masa sekarang atau serangkaian pembayaran yang dievaluasi dengan menggunakan tingkat bunga tertentu. Nilai uang di masa mendatang (future value) ditentukan oleh tingkat suku bunga tertentu yang berlaku di pasar keuangan.

Makin tinggi tingkat bunga, makin tinggi nilai uang dimasa mendatang. Oleh sebab itu, kaum pemilik uang (kaum Kapitalis) pola pikir dan perilakunya bertumpu pada tingkat suku bunga. Jika tingkat bunga tinggi, ia akan membungakan uangnya atau mendepositokan uangnya, dan jika suku bunga rendah, ia akan meminjam uang untuk aktivitas bisnis.

Nilai Sekarang (Present Value)

Merupakan nilai saat ini pada proyeksi uang kas masuk bersih (net cash flow) di masa mendatang. Uang kas masuk bersih di masa mendatang adalah proyeksi hasil investasi. Nilai sekarang disebut juga “diskonto”.

Tingkat diskonto (tingkat kapitalisasi) yaitu tingkat bunga yang digunakan yang digunakan untuk mengubah nilai masa depan menjadi nilai sekarang.
Makin tinggi tingkat suku bunga, makin kecil nilai uang sekarang pada rencana penerimaan uang di masa depan.


Perhitungan Nilai Waktu dari Uang

Bunga Tetap (Fixed Rate)

Perhitungan bunga ini sangat sederhana, yang diperhitungkan dengan besarnya pokok yang sama dan tingkat bunganya juga sama pada setiap waktu. Walaupun pokok pinjaman pada kenyataannya sudah berkurang sebesar angsuran pokok pinjaman namun dalam perhitungan ini tetap digunakan standar perhitungan yang sama.

Contoh :
Perusahaan akan meminjam uang dari bank untuk membiayai proyek investasi sebesar Rp 10.000.000,00 dengan bunga 15% per tahun dalam waktu 4 tahun dan diangsur 4 kali. Maka bunga yang harus dibayar seperti berikut :



 Rumus :
I        = PV.n.i
FV     = PV+I
         = PV + (PV.n.i)
FV    = PV(1 + (n.i))
          = 10.000.000(1 +(4 x 0,15))
FV     = 16.000.000

Keterangan :
I        = Besarnya keseluruhan bunga
PV    = Besarnya pinjaman (nilai saat ini)
n       = Jumlah tahun/bulan
i        = Tingkat bunga
FV    = Jumlah yang harus dibayarkan (nilai masa depan)

Nilai Majemuk (Future Value)
Nilai majemuk (compound value) adalah penjumlahan dari sejumlah uang permulaan/pokok dengan bunga yang diperolehnya selama periode tertentu, apabila bunga tidak diambil pada setiap saat.


FV = PV (1+i)n
FV = 10.000.000(1+0,15)5
FV =10.000.000 x 2,011
FV = 20.110.000

Nilai Sekarang (Present Value)
Present value (nilai sekarang) merupakan kebalikan dari compound value/nilai majemuk adalah besarnya jumlah uang, pada permulaan periode atas dasar tingkat bunga tertentu dari sejumlah uang yang baru akan diterima beberapa waktu/periode yang akan datang.

Jadi present value menghitung nilai uang pada waktu sekarang bagi sejumlah uang yang baru akan kita miliki beberapa waktu kemudian.

Berapa nilai sekarang dari sejumlah uang sebesar Rp 10.000.000,00 yang baru akan diterima pada akhir tahun ke-5 bila didasarkan tingkat bunga 15% dengan bunga majemuk?

PV          = 10.000.000
                    (1+0,15)5
            
              = 10.000.000
                     2,011

              = 4.972.650


Nilai Majemuk dari Anuitas (Future Value of Anuity)

Annuitas atau annuity merupakan seri dari pembayaran sejumlah uang dengan sejumlah yang sama selama periode waktu tertentu pada tingkat bunga tertentu.

FV (A)  =  nilai anuitas pada waktu = n
A          =  nilai individu peracikan pembayaran di masing-masing periode
i            = tingkat bunga yang akan ditambah untuk setiap periode waktu
n           =  jumlah periode pembayaran

Perusahaan akan membayarkan pinjaman sebesar Rp 2.000.000,00 dalam 5 tahun setiap akhir tahun berturut-turut dengan bunga 15%, tetapi pembayarannya akan dilakukan pada akhir tahun ke-5. Berapa jumlah majemuk dari uang tersebut(compound sum)?

FV(A)  = 2.000.000    (1+0,15)5 - 1
                                          0,15
FV(A)  = 2.000.000x 6,742

FV(A)  = 3.484.000

Nilai Sekarang dari Anuitas (Present Value of Anuity)

Perhitungan nilai sekarang (present value) dari suatu annuity adalah kebalikan dari perhitungan jumlah nilai majemuk dari suatu annuity.



Contoh:
Bank akan menawarkan kepada perusahaan uang sebesar Rp 2.000.000,00 per tahun yang diterima pada akhir tahun dengan bunga yang ditetapkan 15% per tahun.

Maka berapa present value/nilai sekarang dari sejumlah penerimaan selama 5 tahun?












No comments:

Post a Comment

Analisa Laporan Keuangan PT Pan Brothers Tbk - Sejarah

Sejarah PT Pan Brothers TBK PT. Pan Brothers Tbk (PBRX) adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dengan produksi utamanya ber...