Friday, April 15, 2016

Biaya Produk Bersama dan Produk Sampingan (Joint Product and By Product)

Produk bersama (joint product) adalah beberapa produk yang dihasilkan dalam suatu proses produksi dengan menggunakan biaya bahan baku, tenaga kerja dan overhead yang sama. Biaya tersebut sulit untuk dapat ditelusuri ke masing-masing produk. Produk yang dihasilkan juga memiliki nilai jual dan atau kuantitas yang sama.
Contoh : produksi susu segar, akan menghasilkan krim dan skim cair. Krim dapat diolah lebih lanjut menjadi  mentega, sedangkan skim dapat diolah lebih lanjut menjadi susu.

Biaya yang dikeluarkan dalam menghasilkan produk bersama disebut biaya bersama (joint cost). Produk bersama akan menghasilkan :
  1. Produk Utama (Main Product) : produk yang dihasilkan dalam proses produksi secara bersama namun mempunyai nilai atau kuantitas yang lebih besar dibandingkan produk sampingan.
  2. Produk Sampingan (By Product) : produk yang dihasilkan dalam proses produksi secara bersama namun mempunyai nilai atau kuantitas yang lebih kecil dibandingkan produk sampingan.
Contoh : Penggilingan padi memiliki produk utama adalah beras dan produk sampingan berupa dedak (untuk pakan ternak).

Karakteristik Produk Bersama :


  • Produk diproses secara bersamaan dan setiap produk mempunyai nilai yang relatif sama antara satu dengan lainnya. 
  • Setiap produk memiliki keterkaitan yang erat, sehingga penambahan di salah satu produk akan menambah produk lainnya secara proporsional.
  • Dalam produk bersama dikenal split off point (titik pisah) dimana produk tersebut dapat dipisah ke masing-masing produk secara individual
  • Setelah split off point (titik pisah) produk tersebut bisa langsung dijual atau diproses terlebih dahulu baru dijual

No comments:

Post a Comment

Analisa Laporan Keuangan PT Pan Brothers Tbk - Sejarah

Sejarah PT Pan Brothers TBK PT. Pan Brothers Tbk (PBRX) adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dengan produksi utamanya ber...