Tuesday, April 12, 2016

Perbedaan Sistem Biaya Aktual dan Biaya Standar

Sistem Biaya adalah organisasi dari formulir, catatan dan laporan yang terkoordinasi yang bertujuan untuk melaksanakan kegiatan dan merupakan informasi biaya bagi manajemen. Dalam akuntansi biaya, sistem yang mengalokasikan atau membebankan biaya ke unit produksi dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :

1. Sistem Biaya Sesungguhnya (Biaya Aktual)

Suatu sistem dalam pembebanan harga pokok produk atau pesanan atau jasa pada saat biaya tersebut sudah terjadi atau biaya yang benar-benar telah dinikmati. Pelaporan hasil penghitungan biaya aktual dilakukan setelah semua operasi sudah selesai pada periode akuntansi yang bersangkutan. 
2. Sistem biaya ditentukan dimuka (Biaya Standar)

Suatu sistem dalam pembebanan harga pokok kepada produk atau pesanan atau jasa yang dihasilkan sebesar harga pokok yang ditentukan dimuka sebelum suatu produk atau jasa dikerjakan. 
Pada akhir periode akuntansi kedua jenis sistem biaya ini dicatat dan kemudian dibandingkan sehingga menyebabkan adanya varians antara biaya yang sesungguhnya terjadi dengan biaya yang ditentukan dimuka. Varians yang timbul disebut dengan varians lebih (over applied) dan varians kurang (under applied)

Penentuan harga pokok  adalah bagaimana memperhitungkan biaya kepada suatu produk atau pesanan atau jasa, yang dapat dilakukan dengan memasukkan seluruh biaya produksi atau hanya memasukkan unsur biaya produksi variabel saja. Penentuan harga pokok dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

1. Metode Kalkulasi Biaya Penuh (Full Costing

Suatu metode dalam penentuan harga pokok dengan memperhitungkan semua biaya produksi yaitu bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik, baik yang variabel maupun yang tetap. 
2. Metode Kalkulasi Biaya Variabel (Variable Costing

Dalam metode ini penentuan harga pokok hanya memperhitungkan biaya yang bersifat variabel saja seperti bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik variabel. Dalam metode ini BOP tetap tidak diperhitungkan sebagai biaya produksi, tetapi akan dimasukkan sebagai biaya periode yang akan dibebankan dalam laporan laba rugi tahun berjalan. 

No comments:

Post a Comment

Analisa Laporan Keuangan PT Pan Brothers Tbk - Sejarah

Sejarah PT Pan Brothers TBK PT. Pan Brothers Tbk (PBRX) adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dengan produksi utamanya ber...