Friday, April 15, 2016

Pengertian Akuntansi

Dalam perkembangan dan pertumbuhan ekonomi dewasa ini, peranan akuntansi sangat penting bagi perusahaan untuk menjalankan kegiatan usahanya. Kegiatan akuntansi mencakup kegiatan mencatat, mengikhtisarkan, melaporkan dan mengintepretasikan data keuangan perusahaan untuk kepentingan pihak-pihak yang memerlukan laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan.

AICPA (American Institute of Certified Public Accounting), mendifinisikan akuntansi sebagai berikut :

Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

Definisi yang lain disampaikan oleh Accounting Principle Board (APB) Statement No. 4 sebagai berikut :

Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah memberikan informasi kuantitatif, umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi sebagai dasar memilih diantara beberapa alternatif.

Akuntansi dapat digunakan bukan hanya oleh organisasi yang berorientasi profit (keuntungan) tapi juga organisasi lain seperti pemerintah, lembaga sosial dan lembaga non profit lainnya. Pemakaian akuntansi digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang terjadi pada organisasi tersebut dan melaporkan hasilnya, salah satunya berupa informasi laporan keuangan.

1 comment:

Analisa Laporan Keuangan PT Pan Brothers Tbk - Sejarah

Sejarah PT Pan Brothers TBK PT. Pan Brothers Tbk (PBRX) adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dengan produksi utamanya ber...