Tuesday, March 15, 2016

MYOB Accounting Versi 17 - Pengenalan




MYOB (Mind Your Own Business) Accounting merupakan sofware pengolahan data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan mengentri data transaksi melalui media form yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat dan terpadu seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan.

Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia, dan sudah dipakai di berbagai negara baik di Eropa, Amerika, Kanada dan Asia. Saat ini MYOB telah hadir dalam versi 17. Dalam penyusunan buku ini saya menggunakan software MYOB Accounting 17 versi Trial, untuk wilayah Asia Tenggara. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha, mulai dari bidang jasa, retail (dagang), maupun industri.

Siklus akuntansi dimulai dari pencatatan saldo awal periode, kemudian dilakukan pencatatan transaksi kedalam Special Journal dan General Journal sekaligus juga menyusun Kartu Piutang, Kartu Utang dan Kartu Persediaan. Dilanjutkan dengan memposting ke general ledger dan diakhiri dengan penyusunan laporan keuangan.

MYOB Accounting menyediakan beberapa menu utama yang akan digunakan dalam menyusun siklus akuntansi yaitu :

v Accounts

Fasilitas Accounts berfungsi untuk membuat/mengedit akun, mencatat saldo awal, pembuatan jurnal umum, posting dan penyusunan laporan keuangan.

v Banking

Digunakan untuk mencatat penerimaan uang (Receive Money) dan pengeluaran uang (Spend Money) yang bukan berasal dari transaksi pelunasan piutang dan pembayaran utang. Menu ini juga menyediakan form rekonsiliasi bank, serta menyajikan laporan mengenai penerimaan dan pengeluaran kas.

v Sales

Menu ini digunakan untuk mencatat, menampilkan, dan mencetak transaksi penjualan tunai maupun kredit, retur penjualan dan pelunasan piutang dagang.

v Purchase

Fasilitas Purchase berfungsi untuk mencatat, menampilkan, dan mencetak transaksi pembelian tunai maupun kredit, retur pembelian, dan pelunasan hutang dagang.

v Inventory

Menu ini digunakan untuk mencatat barang (item) yang dibeli untuk dijual, penggabungan komponen barang menjadi satu unit barang, dan menyajikan laporan yang berkaitan dengan persediaan barang.

v Card File

Fasilitas Card File berfungsi mengadministrasikan data pelanggan (customer) dan pemasok (supplier), saldo awal piutang dan utang, serta dapat digunakan untuk administrasi karyawan perusahaan.

Pembuatan siklus akuntansi dengan menggunakan MYOB Accounting versi 17 memiliki beberapa keuntungan yaitu :

  1. Proses kerja lebih cepat. Dengan menggunakan software MYOB akan menghasilkan informasi  atau laporan keuangan relatif lebih cepat dibandingkan dengan pekerjaan manual.
  2. Pencegahan kesalahan. Sistem komputer dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang biasa ditemui dalam akuntansi manual.
  3. Posting dari jurnal ke buku besar, buku pembantu, dan kartu persediaan dilakukan secara otomatis sehingga informasi keuangan dapat dilihat dan dicetak setiap saat.
  4. Volume kerja lebih besar. Dengan komputerisasi akuntansi data transaksi yang diolah dapat lebih banyak dan informasi yang dihasilkan pun lebih banyak.

1 comment:

Analisa Laporan Keuangan PT Pan Brothers Tbk - Sejarah

Sejarah PT Pan Brothers TBK PT. Pan Brothers Tbk (PBRX) adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dengan produksi utamanya ber...