Wednesday, March 16, 2016

Myob Accounting Versi 17 - Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa


MEMBUKA FILE MYOB

Dalam pengerjaan siklus akuntansi perusahaan jasa ini kita menggunakan file perusahaan yang sudah kita buat sebelumnya dipostingan sebelumnya di Myob Accounting Versi 17 - Membuat data baru.

Untuk membuka kembali data akuntansi yang Anda buat, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1)    Aktifkan program MYOB Accounting
2)    Klik Open
3)    Sorot dan klik Nama Data yang Anda perlukan
4)    Klik Open
5)    Isi nama Anda dan Password (jika ada)
6)    Klik OK
7)    Selanjutnya, keluar kotak Activate Your Company File

Jika Anda ingin membuka data akuntansi perusahaan tanpa melakukan aktivasi program maka pilih option ke-3 untuk waktu yang terbatas
8)    Klik OK
9)    Selanjutnya, data akuntansi perusahaan Anda terbuka. Anda siap untuk proses kerja selanjutnya

MENGHAPUS KODE PAJAK 

Setelah membuka file perusahaan dan masuk ke Command Centre, langkah selanjutnya ialah menghapus kode pajak yang tidak diperlukan dengan cara :
1)    Klik menu List
2)    Pilih Tax Codes
3)    Hapus kode pajak yang bisa dihapus dalam hal ini kode pajak IMP (Import Duty) dengan
       menggunakan menu Edit (diatas) pilih Delete Tax Codes
4)    Setelah selesai menghapus, maka kode pajak yang tersisa ada dua yaitu : N-T dan VAT
5)    Klik Close

KELOMPOK DAN LEVEL ACCOUNT

Nomor akun dalam Myob pada dasarnya dikelompokkan berdasarkan pada kelompok akun dibawah ini :
KELOMPOK AKUN                      KODE AKUN
Assets (Aktiva)                                         1
Liabilities (Kewajiban)                               2
Equity (Modal)                                          3
Income (Pendapatan/Penjualan)                 4
Cost of Sales (Harga Pokok Penjualan)     5
Expense (Beban)                                       6
Other Income (Pendapatan diluar usaha)    8
Other Expense (Beban diluar usaha)           9

Selain kelompok akun, dalam program Myob v17 juga terdapat Level Account.
Di MYOB Accounting v17 ada dua level akun yaitu :

    Header : Account ini adalah induk dari account detail yang ada dibawahnya. Account tipe ini
                      tidak dapat diisi saldo awal, dan tidak digunakan untuk mencatat jurnal.
    Detail Account : Account ini ada disetiap tipe account, untuk mencatat transaksi dan saldo dari
                      account ini nantinya akan dijumlahkan di Header Account.

Selain kelompok akun, level akun, juga terdapat Tipe Akun (Account Type). Di MYOB Accounting v17 terdapat beberapa tipe akun yaitu :

Tipe Akun                                                Akun yang Menggunakan
Bank                                                        Akun kas dan setara dengan kas
Account Receivable                                 Akun piutang usaha/piutang dagang
Other Current Assets                               Akun aktiva lancar lainnya
Fixed Assets                                           Akun aktiva tetap
Other Assets                                          Aktiva lainnya
Credit Card                                           Akun hutang lancar dari kartu kredit
Account Payable                                   Akun hutang usaha/hutang dagang
Other Current Liability                          Akun hutang lancar lainnya
Long Term Liability                               Akun hutang jangka panjang
Other Liability                                      Akun hutang lainnya
Equity                                                  Akun Modal
Income                                                Akun pendapatan/penjualan
Cost of Sales                                       Akun Harga Pokok Penjualan
Expense                                              Akun beban-beban usaha
Other Income                                     Akun pendapatan lain diluar usaha
Other Expense                                   Akun beban lain diluar usaha



MENGHAPUS DAN MENGEDIT AKUN 

Untuk membuat Account List (Daftar Nama Akun) dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu
:
    Melalui menu Account – Account List
    Melalui menu Setup (atas) – Easy Setup Assistant - Accounts

Untuk di modul ini digunakan menu yang kedua yaitu Easy Setup Assistants, karena melihat kepraktisan dan kemudahan mengerjakan account list.

1)    Dari Command Centre klik menu Setup (atas)
2)    Pilih Easy Setup Assistant
3)    Akan muncul jendela Easy Setup Assistant, klik Accounts
4)    Setelah memilih Account akan muncul jendela baru Welcome to Account Easy Setup Assistant, klik
       Next
5)    Muncul halaman baru, Setup Account List

Di halaman ini, terdapat beberapa menu yang disediakan oleh Myob 17 yaitu :

  • New      : Untuk membuat akun baru yang tidak disediakan oleh MYOB
  • Edit      : Untuk mengedit/mengubah nomor dan nama akun yang telah ada
  • Delete   : Untuk menghapus akun tertentu yang telah ada
  • Import  : Untuk melakukan import data nama akun dari file Myob yang sudah ada, atau dari file                        Microsoft Excell
6)    Hapus akun-akun yang bisa dihapus dengan cara sorot nama akun yang ingin dihapus, klik
       Delete. Dalam hal ini akun yang bisa dihapus yaitu :

  • Payroll Liabilities
  • Wages & Salaries Expense
  • Other Employer Expense
7)    Setelah menghapus akun-akun yang tidak perlu, selanjutnya mengedit akun yang sudah ada.

Dengan cara sorot akun yang ingin diganti kemudian klik Edit.  Dalam soal ini akun-akun yang diedit adalah :

  • Cheque Account > Bank Mandiri
  • Undeposited Funds > diganti nomor akun saja
  • Trade Debtors > Account Receivables   
  • Trade Creditors > Account Payable
  • Retained Earnings > Ganti nomor akun
  • Current Year Earnings > Ganti nomor akun
  • Historical Balancing Accounts > Ganti nomor akun
  • Contoh : 1-0100 Cheque Account diganti menjadi 1-1110 Cash on Hand
  • Sorot akun Cheque Account
  • Klik Edit   
  • Ubah nama akun yang sesuai
  • Klik Ok

MEMBUAT AKUN BARU

Setelah selesai mengedit akun-akun yang sudah ada, selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat akun-akun di soal yang belum dibuat. Untuk membuat akun baru, langkah-langkah yang dilakukan ialah :

1)    Klik menu Setup – Easy Setup Assistant – Klik Account- Next
2)    Klik New, kemudian muncul jendela baru dibawah ini :
3)    Sebagai contoh, kita akan membuat akun Current Asset. Pilih level account Header atau Detail Account
4)    Pilih Account Clasification <Tab> dan Account Type  (dalam hal ini Assets) <Tab>
5)    Isikan nomor akun dan nama akun yang sesuai kemudian klik OK

MENGENTRI TRANSAKSI

Setelah selesai membuat seluruh nama akun yang ada di soal, selanjutnya adalah melakukan input transaksi untuk perusahaan jasa. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1)    Dari halaman Command Centre, pilih menu Record Journal Entry sesuai dengan gambar
       dibawah ini :

Di jendela record journal entry ini ada beberapa data yang harus diisi yaitu :
General Journal     : Nomor urut jurnal (akan otomatis terisi)
Date                       : Tanggal transaksi
Memo                    : Keterangan tentang transaksi
Acct                       : Nomor akun
Name                     : Nama akun
Debit – Credit        : Saldo akun
Job                         : Diisi jika transaksi yang berhubungan dengan proyek
Memo                    : Diisi dengan keterangan tambahan tentang masing- masing akun
Tax                         : Kode pajak

Selain data yang perlu diisi pada saat input transaksi di jendela ini juga terdapat beberapa menu yang disediakan yaitu :
Tax Inclusive             : Di checklist jika transaksi sudah termasuk pajak.
Save as Recurring     : Menyimpan transaksi yang sering digunakan
Use Recurring           : Menggunakan transaksi yang telah tersimpan di Recurring
Journal                      : Untuk melihat transaksi yang telah dijurnal sebelumnya
Help                          : Menu bantuan dari Myob
Record                      : Untuk menyimpan transaksi yang dibuat
Cancel                      : Membatalkan transaksi

    Setelah menyelesaikan transaksi, selanjutnya melihat rekap transaksi tersebut dalam bentuk jurnal dengan menggunakan menu Ctrl – R dari keyboard
    Jika sudah benar klik Record

MENGEDIT ATAU MENGHAPUS TRANSAKSI

Untuk melakukan edit transaksi yang salah, langkah yang dilakukan yaitu :
1)    Dari jendela Record Journal Entry klik menu Journal atau
2)    Dari Command Centre klik menu Transaction Journal
3)    Akan muncul jendela baru Transaction Journal
4)    Ubah tanggal sesuai dengan periode akuntansi perusahaan
5)    Dalam jendela Transaction Journal ada beberapa menu bar yang bisa dipilih yaitu :
    General              : Transaksi di modul jurnal umum
    Disbursement    : Transaksi jurnal pengeluaran kas
    Receipts            : Transaksi jurnal penerimaan kas
    Sales                 : Transaksi di jurnal penjualan
    Purchase           : Transaksi di jurnal pembelian
    Inventory          : Transaksi berhubungan dengan Persediaan (Inventory)
    All                    : Semua transaksi dari berbagai jurnal

6)    Setelah transaksi muncul, selanjutnya memilih transaksi yang akan di edit dengan klik tanda panah di samping kiri jurnal
7)    Setelah memilih transaksi yang ingin diedit, akan muncul kembali jendela Record Journal Entry. Setelah diedit – Klik OK
8)    Masukkan semua transaksi yang ada dengan menggunakan menu Record Journal Entry
9)    Setelah selesai memasukkan semua transaksi, kembali ke Command Centre
10)    Untuk menghapus transaksi di Myob yang salah, maka dilakukan dengan menggunakan menu seperti poin 3-6 diatas lalu klik menu Edit (atas) – Delete General Journal Transaction

MELIHAT LAPORAN KEUANGAN

Salah satu kelebihan penggunaan software akuntansi adalah laporan keuangan bisa langsung dilihat. Untuk Myob v17 langkah-langkah untuk melihat laporan keuangan sebagai berikut :

1)    Dari Command Centre klik Report
2)    Selanjutnya akan muncul jendela Index to Report
3)    Selanjutnya, Anda tinggal memilih (mengklik) jenis report yang anda inginkan
4)    Jika report sudah terbuka, maka Anda dapat mencetaknya ke printer dengan cara mengklik
       tombol Print, dan ikuti kotak dialog Print.
5)    Jika report yang ditampilkan oleh Myob tidak memenuhi selera Anda, maka Anda dapat
       memodifikasinya dengan Excell. Untuk itu, report tersebut dapat ditransfer dengan mengklik
       tombol Send To, kemudian pilih Excel.
6)    Untuk laporan keuangan paling tidak ada terdiri dari 2 jenis laporan yaitu Income Statement dan
       Balance Sheet. Untuk melihat laporan Income Satement maka Klik Account – Pilih Profit &
       Loss (Accrual) –Klik Display - Ubah tanggal
7)    Untuk melihat laporan Balance Sheet maka Klik Account – Pilih Standard Balance Sheet -
       Display - Ubah tanggal






1 comment:

Analisa Laporan Keuangan PT Pan Brothers Tbk - Sejarah

Sejarah PT Pan Brothers TBK PT. Pan Brothers Tbk (PBRX) adalah perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dengan produksi utamanya ber...