MEMBUAT DATA CUSTOMER ATAU SUPPLIER
Untuk membuat data customer dan supplier adalah melalui menu di command centre yaitu Card List. Langkah pertama untuk membuat data nama customer dan supplier adalah sebagai berikut:
• Klik Card List
• Klik New untuk membuat card baru
• Tetapkan card type sebagai Customer, Supplier, Employee atau Personal
• Pilih Designation sebagai company atau individual
• Ketik nama Card dan Card ID
• Isikan Address atas Card tersebut, anda dapat memilih dan mengisikan salah satu atau semua dari
5 daftar alamat yang disediakan dan dapat diisikan dengan alamat yang berbeda.
Card Details merupakan data tambahan dari Customer, Supplier maupun Employee
Selling details berisi syarat pembayaran, Tax Code, dan data lainnya.
Payment Details berisi keterangan mengenai cara pembayaran yang akan dilakukan oleh customers.
Contact log berisi keterangan tentang surat menyurat yang dilakukan oleh perusahaan kepada customer
Jobs berisi keterangan mengenai presentase pengerjaan pesanan pelanggan, apakah sudah selesai dilaksanakan atau belum
History berisi riwayat transaksi yang dilakukan perusahaan dengan customer
Setelah mengisi data salah satu customer dapat dilanjutkan dengan data customer dan suppliers yang lainnya dengan menggunakan cara yang sama.
Mengubah File Kartu
• Command Centre – Klik Card File – Klik Card Lists
• Pilih kartu yang akan diubah – Klik panah disebelah nama perusahaan
• Lakukan perubahan – OK
Menghapus Kartu
• Command Centre – Klik Card File – Klik Card Lists
• Pilih kartu yang akan dihapus – Klik panah disebelah nama perusahaan
• Edit (menu) – Delete Card
Menyusun Item List
Item list adalah suatu kumpulan item yang akan dijual dan dibeli. Item tersebut nantinya akan dapat dipilih (muncul) pada saat melakukan proses pembelian (purchase) dan proses penjualan (sales).
Dari Command Centre – Klik Inventory – Klik Item List – Klik New
Contoh pengerjaan :
1. Pada profile, masukkan informasi barang dagangan
Item number : Diisi dengan kode barang
Name : Nama barang
I Buy This Item : Klik kotak isian ini jika anda membeli barang untuk diperjualbelikan kembali
(diisi dengan nama akun)
I Sell This Item : Klik kotak isian ini untuk barang yang diperjualbelikan (diisi dengan nama akun)
I Inventory This Item : Klik kotak isian ini bila barang yang diperjualbelikan dicatat dalam akun
persediaan.
2. Buying Details
Buying unit of measures (satuan barang) : unit
Tax Codes : PPN
3. Selling Details
Base selling price : Diisi dengan harga jual dasar
4. Dalam worktab History, untuk melihat aktivitas barang dagangan tersebut.
5. Dalam worktab Auto Build , untuk melihat aktivitas barang dagangan yang berasal dari
penggabungan beberapa item barang.
Untuk membuat data customer dan supplier adalah melalui menu di command centre yaitu Card List. Langkah pertama untuk membuat data nama customer dan supplier adalah sebagai berikut:
• Klik Card List
• Klik New untuk membuat card baru
• Tetapkan card type sebagai Customer, Supplier, Employee atau Personal
• Pilih Designation sebagai company atau individual
• Ketik nama Card dan Card ID
• Isikan Address atas Card tersebut, anda dapat memilih dan mengisikan salah satu atau semua dari
5 daftar alamat yang disediakan dan dapat diisikan dengan alamat yang berbeda.
Card Details merupakan data tambahan dari Customer, Supplier maupun Employee
Selling details berisi syarat pembayaran, Tax Code, dan data lainnya.
Payment Details berisi keterangan mengenai cara pembayaran yang akan dilakukan oleh customers.
Contact log berisi keterangan tentang surat menyurat yang dilakukan oleh perusahaan kepada customer
Jobs berisi keterangan mengenai presentase pengerjaan pesanan pelanggan, apakah sudah selesai dilaksanakan atau belum
History berisi riwayat transaksi yang dilakukan perusahaan dengan customer
Setelah mengisi data salah satu customer dapat dilanjutkan dengan data customer dan suppliers yang lainnya dengan menggunakan cara yang sama.
Mengubah File Kartu
• Command Centre – Klik Card File – Klik Card Lists
• Pilih kartu yang akan diubah – Klik panah disebelah nama perusahaan
• Lakukan perubahan – OK
Menghapus Kartu
• Command Centre – Klik Card File – Klik Card Lists
• Pilih kartu yang akan dihapus – Klik panah disebelah nama perusahaan
• Edit (menu) – Delete Card
Menyusun Item List
Item list adalah suatu kumpulan item yang akan dijual dan dibeli. Item tersebut nantinya akan dapat dipilih (muncul) pada saat melakukan proses pembelian (purchase) dan proses penjualan (sales).
Dari Command Centre – Klik Inventory – Klik Item List – Klik New
Contoh pengerjaan :
1. Pada profile, masukkan informasi barang dagangan
Item number : Diisi dengan kode barang
Name : Nama barang
I Buy This Item : Klik kotak isian ini jika anda membeli barang untuk diperjualbelikan kembali
(diisi dengan nama akun)
I Sell This Item : Klik kotak isian ini untuk barang yang diperjualbelikan (diisi dengan nama akun)
I Inventory This Item : Klik kotak isian ini bila barang yang diperjualbelikan dicatat dalam akun
persediaan.
2. Buying Details
Buying unit of measures (satuan barang) : unit
Tax Codes : PPN
3. Selling Details
Base selling price : Diisi dengan harga jual dasar
4. Dalam worktab History, untuk melihat aktivitas barang dagangan tersebut.
5. Dalam worktab Auto Build , untuk melihat aktivitas barang dagangan yang berasal dari
penggabungan beberapa item barang.
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete